Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer yang Lemot

Uncategorized

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi pengguna komputer adalah  kinerja komputer yang lemot atau lambat. Hal ini tentunya akan membuat pengguna merasa kesal, apalagi jika sedang mengerjakan sesuatu yang sangat penting, maka akan merasa sangat marah. Dengan terjadinya hal tersebut, maka langkah selanjutnya akan dilakukan pengguna adalah mengganti yang baru.

Eits, jangan terburu-buru membeli komputer yang baru jika komputer Anda mengalami kinerja yang lambat. Mengapa? Pertama, tentunya saja harga komputer saat ini tak murah lagi. Kedua, jika Anda memiliki budget yang sedikit, maka komputer yang akan Anda dapatkan bisa saja memiliki spesifikasi di bawah komputer yang telah dimiliki sebelumnya.

Keempat, meski Anda membeli komputer yang bagus sekalipun, dengan processor yang baik sekalipun, namun jika tak dirawat maka kinerja yang dilakukan tetap akan lemot. Lalu bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi komputer yang lemot? Berikut ini penyebab dan cara mengatasi komputer yang lemot:

  1. Terlalu Banyak Aplikasi atau Program yang Terinstal

Salah satu penyebab mengapa komputer mengalami kinerja yang lambat adalah terlalu banyak program atau aplikasi yang terinstal. Bahkan satu jenis program saja, bisa terdiri dari beberapa macam. Disamping hal itu, kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna adalah menginstal aplikasi yang tidak terlalu penting atau jarang digunakan.

Lalu apa hubungannya terlalu banyak program dengan kinerja komputer yang lemot? Perlu Anda ketahui, bahwa banyaknya program yang terinstal akan mempengaruhi kinerja komputer, hal ini karena sebagian memori komputer akan habis sehingga kapasitas kinerja komputer akan berkurang.

Solusi yang tepat dalam permasalahan ini adalah melakukan uninstall program yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Untuk melakukan uninstall program, maka cara yang dilakukan adalah:

  • Buka menu control panel
  • Kemudian pilih menu uninstall program
  • Lalu pilih program yang akan diuninstal
  • Kemudian klik uninstall, tunggu hingga proses selesai, maka program akan berhasil dihilangkan.
  1. Terlalu Banyak Sampah yang Tidak Dibersihkan

Layaknya dalam Smartphone, sampah atau cache yang terlalu banyak juga akan mengganggu kinerja komputer. Tahukah Anda, bahwa file-file yang telah Anda hapus, ternyata tak hilang dalam komputer Anda, namun tersimpan dalam file sampah. Ya, sampah-sampah yang ada pada komputer biasanya berupa file-file yang telah dihapus, recent places, temporary, history, dan cookies pada browser.

Dengan demikian, maka solusi yang tepat untuk mengatasi komputer yang lemot karena terlalu banyak sampah adalah dengan membersihkannya. Hal tersebut karena, sampah yang banyak tentu akan mengurangi kapasitas memori komputer, sehingga kapasitas kinerjanya juga akan menurun.

Cara menghapus file dalam Recycle Bin secara permanen yakni:

  • Buka menu Recycle Bin
  • Kemudian tandai semua isi file yang akan dihapus secara permanen
  • Kemudian klik delete.

Cara menghapus temporary file:

  • Buka C\User\AppData\Local\Temp
  • Kemudian tandai yang akan dihapus
  • Lalu klik delete

Cara menghapus Recent Places

  • Buka My Computer\Favorites\RecentPlaces
  • Tandai file yang akan dihapus
  • Kemudian klik delete

Cara menghapus history atau riwayat di browser

  • Buka aplikasi browser
  • Buka menu history atau riwayat
  • Pilih menu ‘hapus data penjelajah’
  • Tandai semua file yang akan dihapus
  • Klik tombol delete
  1. Hardisk Terlalu Penuh

Jika hardisk dalam komputer sudah penuh bahkan tidak tersisa ruang kosong sedikitpun, maka akan mempengaruhi kinerja komputer. Atau bahkan bisa membuat komputer menjadi rusak. Bayangkan saja, jika sebuah lemari terisi baju yang penuh, maka akan membuat lemari menjadi jebol.

Untuk mengatasi hal ini, maka cara yang dilakukan adalah dengan memindahkan file pada harddisk eksternal atau USB. Atau bahkan Anda bisa menghapus file yang tidak penting.

  1. Terlalu Banyak Program Startup

Ketika Anda menghidupkan tentu akan membuka beberapa program. Nah, ternyata jika Anda membuka program terlalu banyak bisa menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat. Hal ini karena komputer yang membuka program akan melakukan loading pada semua program tersebut.

Dengan demikian, maka solusi yang dilakukan adalah batasi pengguna aplikasi atau program yang tidak digunakan. Kalaupun ingin menggunakannya, maka bisa digunakan secara bergantian.

Bagaimana ternyata sangat mudah bukan mengatasi komputer yang kinerjanya lambat? Jadi jangan ganti terlebih dahulu komputer Anda, karena masih bisa diatasi dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *